Menjadi Minoritas, Muslim Zimbabwe Tetap Bertahan

Diperkirakan populasi Muslim di Zimbabwe berjumlah lebih dari 1,2 juta orang. Dalam dua dekade terakhir, dakwah yang dilakukan komunitas Islam bisa dibilang cukup sukses di antara mayoritas Kristen.

Seorang guru di sekolah menengah khusus perempuan di Harare yang meminta tidak disebutkan namanya mengatakan, ada peningkatan siswa yang pindah ke agama Islam.
Mereka menjadi mualaf atas dorongan orangtuanya yang merasa Islam akan membantu memberikan pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka.
Namun, ia mengatakan, siswa Muslim di sekolahnya kesulitan berinteraksi dengan temannya karena biasanya mereka tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga. Siswa Muslim di sekolah ini, termasuk anak diplomat Muslim biasanya bersikap konservatif.

Masjid berada hampir di semua kota besar, termasuk 18 Masjid di ibu kota Harare dan delapan Masjid di Bulawayo. Sejumlah Masjid juga bisa ditemukan di wilayah pedesaan.

Masjid yang terbesar selesai dibangun pada 1982 terletak di Ridgeview di pinggiran Harare. Masjid ini mampu menampung 2.000 jamaah. Hal ini menggambarkan komunitas Muslim telah berkeembang di kota itu sejak isolasi internasional berakhir di 1980.

Misi Islam Zimbabwe (ZIM) yang dikepalai Sheikh Adam Moosa Makda berlokasi di Kwekwe. Komunitas Muslim melebarkan dakwahnya dengan bantuan Badan Muslim Afrika (AMA) yang disponsori Kuwait. AMA adalah sebuah pusat pembelajaran bagi para Imam.

Islam tiba di Zimbabwe satu milenium yang lalu atau sekitar tahun ke empat Hijriah ketika Muslim mendirikan kerajaan di pesisir Afrika Timur.

Selama kurun waktu tersebut pedagang budak Muslim memperluas bisnisnya hingga mencapai Zimbabwe. Selama ratusan tahun lebih dari empat juta budak diculik dari Zimbabwe dan negara sekitarnya.

dari sini

About senyumislam

senyum

Posted on November 11, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: