Alhamdulillah…! Prosesi Haji 1433H / 2012 Berakhir Dengan Sukses

Perjalanan iman -sekali dalam seumur hidup- yang dilakukan oleh lebih dari 3 juta jamaah haji mencapai puncaknya kemarin dengan ratusan bus dan mobil membawa mereka keluar dari tenda kota Mina sebelum matahari terbenam.

Banyak jamaah memilih untuk berjalan kaki ke kota suci Makkah yang dekat di mana mereka hendak melakukan Tawaf Wada’ atau Thawaf Perpisahan.

Makkah dipenuhi dengan jamaah dan tiga lantai jamarat seluruhnya dipenuhi dengan jamaah yang sama-sama hendak lempar jumrah. Di jembatan Jamrat, helikopter pertahanan dan militer memantau arus lalu lintas haji yang mengalir lancar dalam prosesi haji sepanjang hari terakhir. Dengan meneriakkan “Allahu Akbar”, jamaah melemparkan tujuh kerikil kecil di masing-masing tiga dinding batu abu-abu sebelum pindah keluar dari Mina.

Diawasi oleh petugas keamanan yang waspada, ramah dan sangat sopan, jamaah diarahkan untuk mendekati tiang jumrah dalam gelombang teratur.

Jamaah dari Suriah -terutama yang berasal dari Aleppo- yang dicari oleh media. Haytham Abdullah senang masih bisa bertahan hidup. “Aku datang untuk melakukan haji untuk menunjukkan rasa syukurku kepada Allah Subhanahu wata’ala yang telah menyelamatkanku dan anggota keluargaku dari pemboman rezim kami,” Katanya sebelum mengucapkan selamat tinggal kepada Mina. “Tolong tetap doakan umat Islam dari Suriah, mereka berada dalam kesulitan besar.”

Syeda Jebeen Shah dari New York senang karena telah menyelesaikan semua prosesi haji. Alumnus India’s historic Aligarh Muslim University ini mencari kata yang tepat untuk menjelaskan pengalamannya di musim haji. Dia akhirnya mengatakan: “Hanya indah, indah”

Ini adalah pertama kalinya di musim haji untuk Shah dan dia berjanji tidak akan menjadi yang terakhir. “Sebelum datang ke sini, aku bertanya-tanya mengapa orang akan datang ke sini lagi dan lagi, aku agak bingung dan sering mencemooh orang yang sering melakukan haji, tetapi setelah mengalami kemuliaan dan semangat haji, sekarang aku tahu mengapa mereka datang ke sini lagi dan lagi, tahun demi tahun,” Katanya.
“Aku akan datang kembali juga, Insyaallah.”

Abdi-Asis Salwe, seorang Amerika asal Somalia, dari Seattle, Washington, juga sangat bergembira. “Ini berjalan sangat baik bagi aku. aku tidak menggunakan kereta sama sekali. Aku terus berjalan sepanjang waktu dan menikmati setiap saat aku tinggal di tempat-tempat suci,” Katanya.

Salwe mengatakan perdamaian dan stabilitas di Somalia merupakan yang teratas dalam daftar doa. “Aku menginginkan perdamaian untuk kembali ke tanah air aku. Jika melihat pertumpahan darah yang banyak, sedikit yang bisa bertahan hidup. Semoga Allah Jalla wa’ala memberikan kedamaian untuk negara aku, “katanya.

“Aku merasa sangat tenang, seperti orang yang baru dilahirkan, dan aku berharap Allah Ta’ala menerima hajiku ini,” kata istri Khan Farhat Bano. “Jiwaku merasa damai dan semuanya berjalan dengan baik.”

Dengan kepalanya dicukur (tahallul), mengikut jejak Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasalam, jamaah asal Pakistan Junaidur Rahman saling memberi ucapan selamat dengan teman dan kerabat. “Alhamdulillah, aku menyelesaikan ibadah haji. aku harap aku hidup cukup lama untuk datang kembali ke sini lagi, “katanya sebelum meninggalkan tenda kota.

Jamaah memuji pemerintah Saudi untuk pengaturan yang sangat baik.

“Bukan tanpa alasan jika Allah Subhanahu wata’ala memberi keberkahan kepada mereka (penduduk Arab Saudi) dengan segala karunia-Nya,” kata Hatim Suleiman Al-Noor dari Sudan. “Layanan mereka yang tak terbayangkan. Kami terus mendengar orang di seluruh dunia berbicara buruk tentang mereka. Tapi kami ingin memberitahu Khadimul Haramain Asy Syarifain (Penjaga Dua Masjid Suci) Raja Abdullah bahwa Anda adalah pemimpin yang sejati dari umat. Layanan Anda kepada para jamaah tidak dapat digambarkan dengan kata-kata. Semoga Allah Tabaroka wata’ala memberkahi Anda dan orang-orang Anda,” Tambah Al-Noor.

(Arab News)

dari sini

About senyumislam

senyum

Posted on November 2, 2012, in Khazanah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: