Mudahnya Menjadi Muslim di Georgia

Masjid di Tbilisi, Georgia

Masjid di Tbilisi, Georgia

Semuanya berubah di Georgia. Negara yang dulu sempat sengsara di bawah kekuasaan Soviet, kini merasakan kebebasannya. Termasuk kebebasan dalam beragama.

Tak bisa dibendung, Islam berkembang cukup pesat di wilayah ini dalam satu dekade terakhir. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya perempuan di negara tersebut yang menggunakan jilbab dan niqab.

“Sekarang kita bisa melihat perempuan yang menggunakan hijab dan bergabung dengan perempuan yang menggunakan pakaian dengan gaya barat. Mereka tidak dibeda-bedakan dan bisa hidup bersama,” ujar seorang pengusaha lokal, Ibrahim Mohammadove kepada OnIslam.net.

Tak hanya itu, muslim di Georgia pun kini bisa dengan mudah mendapatkan pendidikan agama Islam. Ibrahim menyatakan, kini Alquran yang telah diterjemahkan ke bahasa Turki dan Rusia sangat mudah didapatkan di kota-kota besar, misalnya di Tbilisi. Selain itu, semakin banyak pengajian dan forum pembelajaran Islam dan Alquran yang dilakukan di tempat tersebut.

Mencari makanan halal pun kini tidak jadi masalah di Tbilisi. Padahal kota ini sangat terkenal dengan anggur olahannya yang beragam. Daging halal juga dengan mudah dijumpai di banyak pusat perbelanjaan besar di kota itu. Produk halal yang dijual di sana memiliki label yang mudah dikenali yang dilisensi oleh pemerintah Arab ataupun Persia.

Beberapa ratus muslim Georgia berangkat haji ke Makkah setiap tahunnya. Aktivitas ini bisa saja meningkat bila tidak ada kendala finansial yang dihadapi oleh sejumlah Muslim di Georgia. Selain itu, menurut Thamais, seorang muslim Georgia yang mengunjungi tanah suci pada 2009, masih banyak muslim Georgia yang belum paham betul kewajiban berhaji.

“Jangan bandingkan kami dengan muslim yang hidup di negara muslim. Kami saat ini baru dalam tahap pengenalan akan Islam,” ujarnya. Dia menambahkan, muslim di Georgia harus melewati jalan yang panjang untuk meruntuhkan dinding anti-agama yang dibangun oleh Soviet. Hingga kini tidak ada lagi pelarangan bagi para muslim untuk mengunjungi masjid dan mempelajari Alquran.

dari sini
gambar dari sini

About senyumislam

senyum

Posted on September 19, 2012, in Minoritas, Perkembangan Islam and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. syukur GEORGIA mendeka, …hidup islam….!!!

  2. GEORGIA mendeka, …hidup islam….!!!

  3. Selamat Datang ISLAM di GEORGIA….!
    selamat datang Kebenaran.

  4. halooo….!
    Selamat Datang ISLAM di GEORGIA….!
    selamat datang Kebenaran.

  5. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: