Islam Agama Nomor Satu Terbesar Di Belanda

Islam adalah satu dari beragam agama di Belanda. Muslim di Belanda jumlahnya sekitar satu juta orang. Kebanyakan mereka adalah keturunan imigran. Kaum muslim yang terbesar disana adalah keturunan Turki kemudian diikuti oleh Maroko kemudian Tunisia, Aljazair dan Suriname. Mereka ini adalah keturunan para pekerja migran pada tahun 1960an., jadi kebanyakan mereka dan keturunan mereka adalah warga negara Belanda. Tentu saja ada orang Belanda asli yang memeluk Islam tetapi kebanyakannya pindah agama karena alasan pernikahan. Tetapi jumlahnya sangat kecil.

Statistik

Berdasarkan data statistik Central Bureau de Statistiek 1994, jumlah umat Islam dari 15.341.553 jumlah penduduk Belanda saat itu, menempati posisi ketiga (3,7 persen), setelah Katolik Roma (32 persen), dan Kristen Protestan (22 persen). Sebanyak 40 persen warga Belanda mengaku tidak beragama, dan sekitar 0,5 persen pemeluk Hindu. Pada 1971, jumlah umat Islam 54.300 jiwa, dan meningkat pesat pada 1993 menjadi 560.300 jiwa. Kenaikan rata-rata 0,6 persen setahun. Umat Islam itu berasal dari Turki (46 persen), Maroko (38,8 persen), Suriname (6,2 persen), Pakistan (2,2 persen), Mesir (0,7 persen), Tunisia (0,9 persen), Indonesia (1,6 persen), dan lainnya (3,9 persen). Bertambahnya jumlah umat Islam dari tahun ke tahun itu, diperkirakan berasal dari imigran dan sebagian lain mendapatkan hidayah, dan pernikahan.

Islam Agama Nomor Satu Terbesar Di Belanda

Berdasarkan catatan statistik penduduk pemerintah Belanda terungkap, bahwa Islam berada pada posisi paling atas dalam daftar urutan jumlah pemeluk agama-agama yang ada di negara itu. Agama-agama seperti Kristen (Katolik dan Protestan), Yahudi, dan agama-agama lain yang terdaftar, berada pada urutan kemudian.

Data statistik itu dipublikasikan dalam harian Dutch Metro, edisi 29 Juli 2002, yang menyebutkan bahwa 13% dari penduduk ibukota Amsterdam tersebut adalah Muslim. Setelah itu penganut Katolik yang jumlahnya tidak lebih dari 10%, disusul penganut Gereja Protestan Reformasi yang hanya tercatat 5%. Sementara jumlah penganut Yahudi hanya 1%. Sisanya, para pemeluk kelompok agama-agama lain, yang total jumlahnya 12%.

Koran Belanda dengan oplag 3 juta eksemplar dan disebarkan secara cuma-cuma itu melaporkan, bahwa jumlah warga Muslim pada awal abad ke-20 belum begitu berarti. Hanya ada satu orang Muslim yang tercatat dalam Kantor Catatan Sipil di Amsterdam. Namun demikian, pada awal abad ke 21, jumlah kaum Muslimin merupakan komunitas agama terbesar. Berdasarkan catatan resmi pemerintah Belanda, jumlah kaum Muslimin seluruhnya 80.000 orang dari perkiraan kasar rakyat Amsterdam yang berjumlah 600.000 jiwa.

Ada sejumlah elemen yang mendorong percepatan jumlah kaum Muslimin di negeri Kincir Angin itu. Di kalangan elit warga ibukota Belanda, ternyata 59%nya tidak meyakini satu pun agama. Sebab mereka dihadapkan pada fakta bahwa efek dari gereja-gereja pada masyarakat Belanda umumnya mengalami kemunduran yang cukup signifikan, khususnya di Amsterdam. Hal itulah yang mendorong banyak gereja dan yayasan-yayasan agama umat Nasrani tutup atau menjual aset-aset mereka, lantaran kian merosotnya jumlah jama’ah mereka.

Sebaliknya, banyak para pengamat percaya bahwa saat ini agama Islam sedang menyebar dengan cepat, karena kalangan Muslim sangat respect terhadap ajaran-ajaran Islam dibandingkan dengan para pemeluk agama-agama lainnya. Faktor lainnya, karena kecenderungan kaum Muslimin memiliki banyak anak. Selain itu dakwah Islam sangat gencar merekrut pemeluk-pemeluk baru, khususnya mereka yang berasal dari etnis minoritas Afrika atau mereka dari kelompok atheis alias tak beragama.

Beberapa warga Muslim Belanda percaya, jumlah kaum Muslimin di ibukota Belanda tersebut bahkan lebih besar dari angka resmi yang dicatat pemerintah. Perlu diketahui, ribuan kaum Muslimin yang tidak tercatat secara resmi, hidup di Amsterdam secara ilegal, karena mereka terhalang oleh peraturan imigrasi Belanda yang ketat.

Kaum Muslimin Belanda juga percaya bahwa mereka merupakan pemeluk agama terbesar dari segi jumlah. Bukan hanya di Amsterdam, tetapi juga di kota-kota besar lainnya, seperti Rotterdam, Hague, Utrecht. Suatu data statistik Belanda yang mendukung fakta itu adalah, ketika tercatat bahwa seorang di antara tiap-tiap 4 kelahiran di Belanda adalah Muslim. Ini artinya bahwa separuh dari anak-anak berusia 18 tahun akan menjadi Muslim dalam 20 tahun mendatang.

Dari sini

Ditekan Wilders, Jumlah Warga Belanda yang Memeluk Islam Bertambah

Semenjak tokoh anti-Islam Geert Wilders berulah, kian banyak warga Belanda yang memeluk Islam. Hal itu terungkap Dari Hari Peralihan Keyakinan Muslim Belanda yang digagas Pusat Dialog Lintas Budaya Kuwait di Utrech, Ahad (6/5) kemarin.

Salah seorang peserta, Noureddine Steenvorden, seorang pekerja sosial yang memeluk Islam delapan tahun lalu mencatat semakin banyak warga Belanda yang tertarik dalam Islam.

“Dua bulan lalu, pria Kristen berusia 83 tahun menjadi Muslim. Ia tertarik masuk Islam karena ada dialog tentang Islam. Perlu anda tahu, kami dibesarkan dalam lingkungan tanpa azan. Sebabnya, kami tidak tahu tentang Islam,” kata dia seperti dikutip kuna.net, Senin (7/5).

Peserta lain, Lee Ravenberg mengatakan pernyataan Wilders tentang Islam adalah agama jahat yang memicu warga Belanda untuk tahu tentang Islam. Ia pun menyelidiki tentang Islam. “Ternyata aku mendapatkan hidayah,” kata dia.

Melihat fenomena itu, Jamal Al-Shatti, anggota dewan dari Pusat Dialog Lintas Budaya Kuwait, mengatakan dialog tentang Islam memainkan peranan penting. Sebab, ada semacam ekspolarasi informasi tentang Islam. Dari eksplorasi itu, pesan Islam dengan mudah dapat diterima.

Diperkirakan satu juta Muslim tinggal di Belanda yang memiliki penduduk sekitar 17 juta. Kebanyakan dari mereka berasal dari Maroko, Turki, Suriname dan negara-negara lain tinggal di negeri ini.

Dari sini

About these ads

Posted on Mei 15, 2012, in Minoritas, Mualaf. Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. Islam pernah berjaya di Eropa pada abad ke 12 ketika Spanyol dikuasai oleh Islam hampir 400 tahun salah satu bukti nyata adala kota Cordova dan daratan Andalusia lainnya,Islam jatuh ketik kekaisaran Ottoman Turkey runtuh pada tahun 1928 karena kietika itu Turkey dijuluki sebagai “the sickman of Erorpa”atau bangsa pesakitan dari Eropa kini Purtugal ,Yunani,dan negara-negara lainnya di daratan Eropa sedang sekarat karena menolak Turkey untuk bergabung ke dalam Uni Eropa sebab kalau itu terjadi maka Agama Islam menjadi Agama resmi Eropa itulah ketakutan bangsa-bangsa barbar yang kini berupaya menjadi negara penderma atau balas budi setelah pada abad ke 16 ia merampok ke negara-negara Muslim dengan tiga tujuan yakni:Gold,Gospel,Glory.

    • Budi Natta Abi Mubarak

      Memang pada dasarnya negara negara di Eropa khusunya yang tergabung dalam Uni Eropa sekuat tenaga dan daya upaya untuk menghalangi turkey untuk bergabung, karena mereka takut sejarah akan terulang di mana Islam beserta kebudayaanya pernah berjaya selama 800 th di Eropa yang berpusat di Spanyol…dan mereka tahu persis Turkey la yang paling berperan dalam kejayaan Islam di Eropa..
      masuk akal….sungguh masuk di-akal….

      • Lambat laun Islam menguasai eropa. Tipu daya British Dutch tidak mempan. Allah lah sebaik-baik tipu daya. Semoga Islam kembali Berjaya di eropa. Amin

  2. belanda…ya…islam juga…!

  3. eropa islam alhamdulillah

  4. Kita juga harus prihatin melihat umat Muslim di Indonesia, mereka banyak yg diperdaya untuk dimurtadkan, dan juga banyak yg hanya Islam KTP (ngakunya Islam tapi tidak menjalankan perintah Allah, bahkan malah suka berbuat musrik

  5. jika dakwah terus masuk di belanda insyha ALLAH islam jaya

  6. imanuel leunura

    Ngga usah lebay deh….!!! Cara untuk menghibur islam ngga mampan…!

    • Mohon maaf saudara emanuel. Apakah anda sudah berkunjung ke negeri belanda di 3 tahun belakangan ini? Jika anda sudah, mungkin anda menyangkal fakta yg ada disana.
      Jadilah orang indonesia yg bijak. Kita semua sudah muak dengan umpatan seperti yg anda lontarkan.
      Disini kita sesama pemeluk agama saling bertoleransi, seperti halnya diindonesia beberapa puluh tahun yang lalu.
      Problem disini adalah, anak-anak muda lokal cenderung memilih utk tidak memeluk agama dibandingkan orang tua dan kakek-nenek mereka yg tetap memegang tegus ajaran kristiani. Hal yang menyebabkan penurunan jumlah pemeluk kristiani.
      Jadi, janganlah jadikan diri anda sebagai provokator pemecah agama di indonesia. Datanglah kesini ( belanda ) lihat sendiri faktanya.
      Janganlah kau menyakiti bangsa kita yg sudah sakit oleh ulah provokator yang ingin mengadu domba antar umat pemeluk agama.

      • adjie manurung. aq suka perkatan mu. fakta yg engkau kata kan adalah benar. banyak bukti yg telah q dapat kan. bagai mana banyak org tua org melayu fanatik. karna islam itu adalah benar.

  7. Belanda gak tanggung jawab itu namanya,betapa tidak,di Indnesia banyak warga beragama kresten,yg bawa dulu kan Belandan,sekarang malah beragama Islam yg banyak,uwik uwik uwik

  8. Initinya, setiap agama itu mengajarkan tentang kebajikan, dan tdk ada satupun agama di dunia yg mengajarkan tentang kebatilan, dijamin 100%!
    Oleh karena itu, jagalah setiap akhlak yg diajarkan oleh agama kita masing2.
    Seperti di Agama Islam, bahwa Agama Islam itu menitikberatkan akan “AKHLAKUL KARIMAH”.

  9. para neter non muslim indonesia tdk prnah dididik org tua maupun agamanya untk bicara baik,q jg muak membc nater2 yg menghina nabi Muhammad,Alquran dll,dgn kata2 yg menjijikkan.
    hamzah: maaf sedikit diedit

  10. Otak, akal dan hati serta perasaan yg cerdas tentu akan memilih jalan yg. relevansinya sesuai dg nurani kita. dogmatis lambat laun akan ditinggalkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Sejak 16 Pebruari 2013

    HTML hit counter - Quick-counter.net
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: